No Tipu – tipu, Ini Cara Dapat Gaji Rutin dari Google AdSense Minimal $100 per Bulan

Sebagai seorang publisher AdSense, kita mungkin masih mengalami kesulitan untuk mendapatkan gaji rutin dari Google AdSense. Meski target yang kita bidik adalah pengunjung lokal, namun sebenarnya cukup susah untuk dapat menghasilkan uang secara rutin.

Apalagi bagi pemula yang masih awam mengenai seluk-seluk dunia blogging, pasti ada saja kendala yang harus dihadapi. Untuk mendapat 1 juta per bulan dari AdSense juga cukup susah, apalagi harga CPC Adsense turun drastis diawal tahun ini

Nah, untuk mempermudah pencapaian target 1 juta per bulan, Anda bisa menyimak beberapa tips berikut ini.

Cara Dapat Gaji Rutin dari Google AdSense Minimal $100/bulan

  1. Tingkatkan Traffic Blog. Kalau Anda memiliki target $100 setiap bulannya, maka dalam sehari blog Anda harus menghasilkan setidaknya $3.5. Seandainya blog Anda menggunakan blog lokal dengan perkiraan CPC $0.05, maka Anda harus mendapatkan sekitar 70 klik dalam seharinya.

    Biasanya, rasio klik iklan dengan posisi iklan terbaik ada di antara 1-2% dimana kita akan mendapat 1-2 klik setiap 100 pengunjung.

    Jadi, kalau Anda ingin mendapatkan 70 klik, setidaknya blog Anda harus mampu mendatangkan traffic sekitar 3.500 – 7.000 visitor setiap harinya.

    Seandainya Anda hanya mendapat 1%, maka Anda harus membuat blog yang mendulang traffic sekitar 7.000 pengunjung dalam satu hari.
    Loading...

    Seperti yang kita tahu, untuk mendapat jumlah pengunjung sebanyak itu butuh usaha ekstra. Apalagi kalau Anda masih pemula, maka sepertinya mendapat pengunjung sekian ribu jumlahnya sangatlah berat.

    Hal ini karena umumnya blog dengan jumlah traffic besar adalah blog yang dikembangkan oleh para blogger expert.

    Namun sebenarnya itu hanya mindset yang keliru, sejatinya untuk mendapatkan pengunjung segitu bukanlah hal yang mustahil. Anda masih bisa mendapatkan pengunjung sekian ribu asalkan Anda tekun dan bekerja lebih keras lagi.
    Gunakan dan pelajari teknik SEO

    Seperti yang kita tahu, dalam dunia blogging kita memerlukan sebuah teknik untuk mendominasi hasil pencarian mesin pencari.

    Teknik inilah yang sering kita kenal dengan teknik SEO (Search Engine Optimazition). Intinya, semakin tinggi posisi suatu halaman blog maka blog tersebut memiliki potensi menghasilkan pengunjung yang lebih banyak.
     13 Cara Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Teknik SEO Modern
    Dalam dunia SEO ini, kita juga mengenal istilah index dan de-index mesin pencari. Semakin banyak halaman yang di index Google, maka semakin tinggi pula trafik yang akan didapatkan.

    Artinya, Anda masih bisa berpeluang mendapatkan trafik bermodal jumlah artikel yang banyak.

    Kalau target 7.000 ribu pengunjung, maka kita bisa pecah menjadi 100 artikel dengan jumlah kunjungan 70 pengunjung tiap harinya.

    Namun di era algoritma saat ini, kuantitas bukanlah segalanya. Kita dituntut untuk menghasilkan konten yang berkualitas dan kaya akan informasi. Kalau kontennya dangkal, 70 pengunjung per hari juga masih terasa berat.

    Untuk itu, Anda perlu membuat konten berkualitas agar userfriendly dengan algoritma Google saat ini. Semakin baik kualitas postingan yang Anda buat, semakin bagus pula dampaknya terhadap perkembangan blog Anda.

    Era sekarang benar-benar berbeda dengan yang dulu, saat ini sepertinya lebih membuat pembaca senang terhadap suatu konten.

    Jadi, sepertinya akan lebih baik membuat 10 artikel berkualitas dibandingkan 100 artikel konten dangkal dan tidak bermutu.

    Kalau Anda bisa menguasai kata kunci dengan persaingan low-medium, maka setidaknya blog Anda bisa mendatangkan ribuan pengunjung dengan sangat mudah.

    Agar Anda semakin mendalami poin ini, cobalah membaca beberapa panduan berikut ini:
     Cara Meningkatkan Trafik Blog dengan Langkah Sederhana Strategi Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Aman dan Cepat
  2. Memilih Niche Blog Spesifik. Perlu Anda tahu, niche atau tema blog ternyata sangat memengaruhi penghasilan seorang publisher AdSense. Untuk mendapatkan nilai klik iklan yang besar, blog kita harus memiliki kriteria tertentu. Jadi, kita tidak boleh memilih tema sembarangan saat membangun sebuah blog.

    Anda harus menentukan topik blog yang memiliki potensi nilai klik tinggi, khususnya untuk blog lokal. Niche potensial ini seperti teknologi, otomotif, bisnis, keuangan, wisata dan properti. Semakin spesifik konten yang disajikan, nilai CPC-nya juga akan semakin besar.
     8 Niche Blog Paling Populer yang Banyak Mendatangkan Pengunjung
    Niche tersebut biasanya memiliki CPC yang cukup besar, bahkan bisa sampai $0.2 – $0.5 untuk blog lokal. Untuk blog bule, biasanya CPC-nya bisa sangat besar bahkan ada yang mencapai $4 setiap kliknya.

    Namun seperti yang kita tahu, tingkat persaingan blog bule jelas lebih ketat dibanding blog lokal.

    Pemilihan niche ini juga akan memudahkan Anda untuk mendapat gaji rutin dari Google AdSense. Kalau pengunjung blog Anda sudah mencapai 5000/hari dengan niche wisata misalnya, biasanya Anda sudah bisa gajian secara rutin dari AdSense.

    Saran lainnya, jangan membuat blog yang bertema ‘general’ atau gado-gado. Nilai klik iklannya akan sangat rendah dan tidak umum, Anda hanya akan pusing nantinya.

    Dengan ribuan pengunjung/hari pun, penghasilan dari blog Anda akan sangat minim dan mengenaskan.
  3. Konsisten Update Blog. Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, untuk mendapat gaji rutin dari Google AdSense Anda harus konsisten dalam mengupdate konten di blog Anda.

    Mengisi blog secara rutin juga secara otomatis akan meningkatkan jumlah pengunjung dari waktu ke waktu.

    Selain itu, kalau konten yang Anda buat itu bermanfaat bagi pengunjung mungkin saja mereka akan klik iklan secara cuma-cuma.
     Tips Update Artikel Tanpa Membuat Artikel, Wajib Kamu Baca!
  4. Promosi Konten Secara Rutin. Sebenarnya ini adalah salah satu teknik yang cukup ampuh dan powerfull. Kalau diracik dengan cara dan kaidah yang benar, strategi semacam ini bisa mendulang penghasilan yang bahkan lebih besar dari 1 juta.

    Cara promosi yang gratisan mungkin akan sangat memakan waktu dan hasilnya tidak terlalu terlihat. Kalau ingin hasil yang lebih, maka Anda harus menggunakan strategi promosi berbayar.

    Contohnya saja menggunakan metode Facebook Ads to AdSense. Anda mempromosikan konten blog lewat FB Ads, lalu pengunjung dari Facebook akan singgah ke blog Anda.

    Seandainya konten yang Anda bahas itu sedang ramai diperbincangkan, biasanya akan banyak yang share. Akhirnya, blog Anda bisa kebanjiran pengunjung saat itu juga.

    Kalau cara ini dilakukan secara konsisten dalam sebulan, tentu saja blog Anda akan menghasilkan uang minimal 1 juta dari AdSense bahkan bisa lebih dari itu. Asal Anda tahu caranya, semua tampak lebih mudah.
    Panduan terkait : Strategi Mempromosikan Blog yang Paling Baik untuk Pemula
  5. Investasi Blog. Seandainya Anda memiliki satu blog namun hasilnya belum bisa memperoleh gaji rutin dari Google AdSense, maka Anda bisa mengakalinya dengan ternak blog.

    Semakin banyak blog yang Anda miliki, semakin tinggi pula potensi untuk menghasilkan pundi-pundi uang.

    Kalau fokus sama satu blog, memang bisa saja. Namun, sebaiknya tetap membutuhkan blog cadangan untuk langkah antisipasi jika sewaktu-waktu blog utama mengalami masalah.

    Hal-hal yang tidak diinginkan seperti de-index, dihapus google atau dihack orang lain bisa saja terjadi kapan saja.

    Maka dari itu, sangat disarankan Anda memiliki blog pendukung untuk menambah pemasukan dari blog utama. Anda bisa membuatnya dari awal atau bisa membeli blog melalui forum jual beli blog.

    Dengan langkah ini, Anda bisa dengan mudah memperoleh gaji minimal 1 juta dari AdSense.

    Katakanlah blog utama saat ini menghasilkan uang 400.000/bulan, maka untuk menutupi sisanya Anda harus memiliki 3 blog lainnya dengan penghasilan 200.000/bulan.

    Cara ini termasuk yang paling mudah ketimbang harus fokus mengurus 1 blog hingga menghasilkan 1 juta per bulan dari AdSense.
  6. Main Blog Bule. Metode terakhir, Anda bisa menjajal peruntungan dengan bermain blog bule (luar negeri). Seperti yang kita tahu, blog luar memiliki potensi yang luar biasa untuk menghasilkan uang.

    Meski untuk AdSense, Anda masih bisa mendapat penghasilan yang sangat menggiurkan. Kalau Anda punya traffic US 500 pengunjung per hari, sudah dipastikan Anda bisa mendulang rupiah yang cukup banyak.

    Bukan hanya 1 juta, bahkan bisa berjuta-juta asalkan Anda tahu caranya.

    Bermain blog bule memang menggiurkan, namun Anda perlu menguasai beberapa teknik SEO untuk menghasilkan pengunjung. Perlu Anda tahu, CPC bule benar-benar jauh dibandingkan CPC lokal.

    Bahkan kalau nichenya bagus, 1 klik iklan bisa berpotensi menghasilkan $3 – 5. Bayangkan kalau Anda dapat 20 klik seharinya, Anda bisa mendapat $60 dalam sehari. Kalau sebulan?

    Anda bisa mengantongi uang sekitar $1800. Namun memang butuh keseriusan yang tinggi dalam mengelola blog bule ini, selain masalah grammar Anda juga harus melakukan riset keyword yang mendalam.

    Baca juga : 
    Strategi Meningkatkan Penghasilan Google AdSense Secara Konstan 
    Butuh Berapa Lama Sebuah Blog Bisa Menghasilkan Uang dari Google AdSense?
    Dulu Tukang Angon Bebek, Eka Lesmana Kini Sukses Menghasilkan Ratusan Juta dari Google AdSense
Nah, itulah beberapa tips mendapat gaji rutin dari Google AdSense minimal $100/bulan. Artikel ini mungkin bisa membantu bagi Anda yang belum bisa gajian setiap bulannya.

Dengan memperhitungkan beberapa metode dan teknik di atas, Anda bisa lebih mudah untuk menjadikan blog sebagai penghasilan utama.

Bagi yang belum menghasilkan, tetap semangat ngeblognya. Jangan memikirkan uang sebelum Anda bisa memperoleh trafik yang cukup menjanjikan.

Intinya urus blog Anda terlebih dahulu baru memikirkan monetize blog, bukan sebaliknya.

Semua blogger yang sukses dan memperoleh gaji rutin dari Google AdSense awalnya bersakit sakit dahulu, keberhasilan yang sekarang mungkin hanya 2 %… dan 98% lainnya adalah hasil kerja keras siang malam.



Source
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!