Membandingkan Galaxy M20, ZenFone Max M2, dan Redmi Note 6 Pro - Birru . Net

Membandingkan Galaxy M20, ZenFone Max M2, dan Redmi Note 6 Pro

Share This

Samsung baru saja meresmikan ponsel teranyarnya, Galaxy M20, di pasar India. Ponsel tersebut merupakan "jagoan" baru bagi Samsung untuk menyasar pasar ponsel menengah ke bawah yang selama ini diramaikan pabrikan ponsel seperti Xiaomi dan Asus.

Kedua pabrikan tersebut juga belum lama ini meluncurkan ponselnya di Indonesia, yakni Asus ZenFone Max M2 dan Redmi Note 6 Pro yang juga membidik pasar ponsel menengah ke bawah.
Baca juga: Samsung Galaxy M10 dan M20 Resmi, Harga Mulai Rp 1,5 Juta dan Rp 2,1 Juta
Serupa dengan ZenFone Max M2 dan Redmi Note 6 Pro, Samsung juga agaknya menempatkan M20 di jejeran smartphone menengah ke bawah di kisaran harga Rp 2 jutaan.

Mana yang lebih bagus antara Samsung Galaxy M20, Asus ZenFone Max M2 dan Redmi Note 6 Pro? Simak ulasan KompasTekno terkait ketiga ponsel tersebut di bawah ini.

Desain

Dari segi desain, ketiga ponsel sama-sama mengusung desain poni (notch) pada layarnya. Bedanya, Galaxy M20 mengusung poni berbentuk tetesan air (waterdrop), sementara ZenFone Max M2 dan Redmi Note 6 Pro memiliki poni yang cenderung lebar seperti iPhone X.

Ukuran layar ketiga ponsel juga hampir sama, yakni 6,3 inci dengan panel display IPS LCD.

Namun, Zenfone M2 lebih kecil resolusinya, yaitu 720 x 1.520 piksel (aspek rasio 19:9), dibandingkan M20 dengan 1.080 x 2.340 piksel (aspek rasio 19,5:9) dan Redmi Note 6 Pro dengan 1.080 x 2.280 piksel (aspek rasio 19:9).
Baca juga: Resmi, Berapa Harga Asus Zenfone Max M2 dan Max Pro M2 di Indonesia?

Kamera

Pada aspek fotografi, ketiga ponsel memiliki 2 kamera belakang. Bedanya terletak pada konfigurasi kedua kamera itu.

Kamera kedua di punggung Galaxy M20 memiliki sudut pandang ultra-wide, sementara kamera kedua milik Zenfone M2 dan Redmi Note 6 Pro berfungsi seagai depth sensor untuk memberikan efek portrait (bokeh).

Samsung Galaxy M20 dan Asus Zenfone Max M2 memiliki resolusi kamera utama yang sama, yakni 13 megapiksel. Sementara kamera utama Redmi Note 6 Pro beresolusi 12 megapiksel.

Sementara itu, pada bagian depannya, Samsung Galaxy M20 dan Asus Zenfone M2 memiliki kamera selfie dengan besar resolusi yang sama, yakni 8 megapiksel.

Redmi Note 6 Pro memiliki dua kamera depan yang masing-masing beresolusi 20 megapiksel dan 2 megapiksel sehingga bisa menghasilkan efek bokeh.

Spesifikasi

Untuk urusan jeroan, ketiga ponsel dibekali SoC yang lebih kurang memiliki kemampuan yang sebanding. Galaxy M20 dengan SoC Exynos 7904 memiliki konfigurasi CPU octa-core dengan kecepatan 1,8 GHz.

Sementara, Asus Zenfone Max M2 dan Redmi Note 6 Pro masing-masing ditenagai dengan SoC Snapdragon 632 dan Snapdragon 636 yang memiliki kecepatan 1,8 GHz dengan konfigurasi CPU octa-core pula.
Baca juga: Xiaomi Redmi Note 6 Pro Resmi di Indonesia, Harga Mulai Rp 2,9 Juta
Prosesor di ketiga ponsel ini dipadankan dengan kombinasi RAM dan media internal yang serupa yaitu 3/4 GB RAM dan 32/64 GB storage.

Untuk baterai, Galaxy M20 datang dengan baterai berkapasitas 5.000 mAh. Zenfone M2 dan Redmi Note 6 Pro sendiri kapasitas baterainya sama-sama 4.000 mAh.

Pengisian daya baterai tersebut juga dilakukan lewat konektor USB-Type C khusus untuk M20. Sementara pada Zenfone Max M2 dan Redmi Note 6 Pro masih mengunakan konektor lawas microUSB 2.0.

Harga dan ketersediaan

Di segi ketersediaan ponsel, Asus Zenfone Max M2 dan Redmi Note 6 Pro sudah masuk pasar Indonesia. Asus Zenfone Max M2 dibanderol mulai dari Rp 2,3 jutaan sementara Redmi Note 6 Pro dibanderol mulai dari Rp 2,9 jutaan.
Baca juga: Samsung Galaxy M10 dan M20 Resmi, Harga Mulai Rp 1,5 Juta dan Rp 2,1 Juta
Untuk Samsung M20 sendiri, ponsel tersebut baru diluncurkan di India dan tersedia di sana secara online. Ponsel tersebut dibanderol dengan harga termurah Rp 2,1 jutaan.

Meski baru tersedia di India, Galaxy M20 diduga kuat bakal segera masuk Indonesia mengingat telah muncul laman sertifikasi P3DN Kementrian Perindustrian untuk ponsel tersebut dengan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN) 31,10 persen.

Untuk kisaran harga sendiri, banderol Galaxy M20 di Indonesia kemungkinan tak bakal jauh dari harga di India. Meski begitu, belum diketahui kapan Samsung M20 bakal menyambangi pasar smartphone Tanah Air.

Simak perbandingan detil spesifikasi dari Asus Zenfone Max M2, Samsung Galaxy M20, dan Xiaomi Redmi Note 6 Pro dalam tabel di bawah ini.

No comments:

Post a Comment