7 Tips Sukses Menghadapi UNBK agar Tidak Grogi!! - Birru . Net

7 Tips Sukses Menghadapi UNBK agar Tidak Grogi!!

Share This

7 Tips Agar Kamu Sukses Menghadapi UNBK 


Cemas akan UNBK? tenang.. kami punya solusinya agar kamu tidak merasa cemas atau grogi saat mengerjakan soal UNBK. Tapi sebelum itu, bagi kalian yang belum tahu apa itu UNBK kami akan menjelaskan sedikit terlebih dahulu.

UNBK adalah singkatan dari Ujian Nasional Berbasis Komputer, yap.. ini adalah salah satu contoh perkembangan teknologi pada bidang pendidikan/edukasi. Dahulu Ujian Nasional dilaksanakan dengan lembaran kertas, sekarang Ujian Nasional sudah bisa dilakukan secara online. Yang tentunya lebih praktis dan efisien.

Indonesia sendiri baru memulai sistem ini pada tahun 2015. Dan dengan sukses diselenggarakan oleh 556 sekolah di Indonesia. Kemudian pada tahun 2016 sudah lebih dari 4000 sekolah sukses menyelenggarakan. Hingga, pada tahun 2017 sudah lebih dari 30.000 sekolah dengan susksesnya menyelenggarakan sistem pendidikan yang baru ini.

UNBK tahun 2019 sendiri akan dilaksanakan pada awal april, yang hanya menghitung beberapa hari lagi. Untuk itu, sudah berapa persenkah kamu siap melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer ini? atau belum siap sama sekali? Tenang.. Birru.Net punya solusinya.

Berikut tujuh tips agar kamu lebih siap dalam mengerjakan UNBK alias tidak grogi :

1. Berusaha Jangan Gaptek 



Hal ini merupakan hal yang paling utama dalam menjamin suksesnya UNBK-mu. Bagaimana tidak? jika kamu gaptek (gagap teknologi) bagaimana kamu bisa mengerjakan soal ujian? sedangkan ujian itu sendiri sudah menggunakan komputer. Untuk itu, berusahalah untuk belajar mengoperasikan komputer sendiri baik itu bisa bertanya pada guru, teman, atau keluarga mu.

2. Mempersiapkan Diri 

Persiapkanlah dirimu, baik itu siap mental maupun materi. Dengan siapnya materi, pasti kamu akan merasa tenang karena kamu sudah yakin dapat mengerjakan soal ujian tersebut. Dengan begitu, mentalmu pasti siap juga. Lain halnya jika kamu tak siap materi, pasti kamu akan merasa gelisah karena kamu merasa khawatir tidak bisa menjawab soal-soal ujian, dengan begitu kamu tidak akan fokus dalam mengerjakannya. Siapkanlah materi dari jauh-jauh hari, karena kamu juga harus mengulang materi dari kelas sepuluh dan juga kelas sebelas yang begitu banyaknya. Kamu bisa mencicilnya dengan belajar satu jam sehari. Dan ingat, jangan gunakan sistem kebut semalam, karena akan membuatmu begadang dan kurang tidur sehingga kamu tidak fokus dalam mengerjakannya.


3. Mempelajari kembali Soal - Soal Try Out

Try Out adalah suatu uji coba yang biasanya dilaksanakan waktu dekat sebelum ujian. Dengan begitu pelajari ulanglah soal - soal tersebut, karena biasanya soal - soal UN sama dengan soal - soal Try Out. Dan agar kamu dapat fokus pada materi - materi yang akan diujikan.

4. Mengerjakan yang Mudah Terlebih Dahulu

Kerjakan terlebih dahulu soal yang kamu anggap mudah. Jangan terpaku pada satu soal yang sulit, karena itu bisa membuang banyak menguras waktu ujianmu. Kamu bisa mengkategorikannya dengan tanda, misalnya, centang untuk mudah, bulat untuk medium, dan silang untuk sulit.

5. Selalu Fokus



Usahakan untuk selalu fokus saat mengerjakan, baik itu dari log-in, mengerjakan soal, sampai log out. Karena banyak juga orang yang gagal karena tidak fokus dalam mengerjakannya.

6. Percaya Diri



Sikap ini wajib kamu miliki. Karena dengan kamu percaya diri, kamu pasti akan merasa tenang dan yakin dengan dirimu. Jangan sampai kamu terpengaruh dengan temanmu dengan iming-iming kunci jawaban misalnya. Hal itu sama saja pembodohan diri yang bisa merugikanmu kedepannya.

7. Berdo'a dan Berikhtiar

Hal ini merupakan akhir dari semua hal diatas. Karena pada dasanya manusia hanya bisa berusaha dan berdo'a. Masalah hasil, Tuhan yang memberikannya. Berusahalah untuk mendekatkan diri pada Tuhanmu sesuai dengan kepercayaanmu.


Itulah beberap tips sukses UNBK. Laksanakan semua tips diatas agar kamu bisa sukses dalam menghadapi UNBK. Jika kamu masih bingung atau ingin menambahkan, silahkan isi pada kolom komentar :)

No comments:

Post a Comment