Ingin Hidup Sehat?? Berikut 10 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Kamu Lakukan dengan Mudah - Birru . Net

Ingin Hidup Sehat?? Berikut 10 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Kamu Lakukan dengan Mudah

Share This

10 Gaya Hidup Sehat yang Bisa Kamu Lakukan dengan Mudah


Mungkin banyak orang yang merasa dirinya sudah sehat tanpa perlu menerapkan gaya hidup sehat, bahkan banyak orang yang enggan untuk menerapkannya. Dan biasanya keengganan itu muncul karena mengira menerapkan gaya hidup sehat itu sulit untuk dilakukan, tanpa mencobanya terlebih dahulu. Tetapi justru jika kamu bisa melakukannya, kamu akan merasakan banyak sekali manfaatnya, seperti kamu dapat memiliki bentuk badan yang ideal, mencegah dari berbagai penyakit, memiliki suasana hati yang bagus, dan masih banyak yang lainnya.

Pertanyaannya, bagaimana cara melakukan gaya hidup sehat yang benar?
Nah, berikut adalah beberapa cara menerapkan gaya hidup sehat untuk mendapatkan hidup yang berkualitas.

1. Biasakan sarapan pagi.



Di pagi hari kamu pasti memerlukan banyak energi untuk melakukan semua aktivitasmu. Jangan sampai lewatkan waktu untuk sarapan, karena sarapan pagi merupakan hal yang penting untuk mengawali pagi harimu.

2. Berjemur di bawah terik sinar matahari pagi.



Sinar matahari pagi mengandung banyak vitamin D yang banyak diperlukan oleh tubuh, antara lain guna meningkatkan sistem kekebalan tubuh, seperti mengurangi penyakit stroke, jantung, kanker, sampai diabetes. Dan kamu bisa melakukannya hanya sembari berjalan santai keliling lingkungan rumahmu di pagi hari.

3. Makan makanan yang seimbang.


Makanan dengan gizi yang cukup sehari-hari wajib mengandung karbohidrat, protein, vitamin, lemak dan mineral. Juga jangan  makan dengan porsi yang berlebih, meskipun makanan itu adalah makanan favoritmu. Apalagi gorengan atau cemilan-cemilan yang tidak sehat, dan lain sebagainya.


4. Olahraga secara teratur.


Salah satu gaya hidup sehat yang sering dilewatkan banyak orang adalah berolahraga. Mungkin kamu merasa capek dengan berolahraga. Namun, hal itu sebanding dengan hasil yang kamu dapatkan. Seperti memperkuat otot dan tulang, memperlancar peredaran darah, dls. Sempatkanlah berolahraga minimal 15 menit dalam sehari.


5. Banyak meminum air putih.


Air membuat setiap bagian tubuh bekerja dengan baik, serta mampu mencegah penyakit batu ginjal dan penyakit konstipasi. Saking pentingnya, hingga seseorang diwajibkan meminum air putih 8 gelas dalam sehari. Bahkan ada juga yang hanya minum 2 gelas air dalam sehari atau bahkan kurang dari 2 gelas, itu tentu sangat membahayakan bagi tubuh dan mengundang banyak penyakit. Mulailah biasakan minum air 8 gelas per hari.

6. Katakan tidak pada rokok.


Banyak remaja yang merasa belum dewasa jika belum merokok. Tentu hal itu salah besar, orang dewasa justru adalah orang yang bisa mempertimbangkan kesehatan bagi tubuhnya sendiri. Hindarilah merokok bagi yang belum, dan kurangilah merokok bagi yang sudah.


7. Hindari makan/minuman manis yang berlebih.


Makanan/minuman manis memang sangat diperlukan oleh tubuh untuk menghasilkan energi, tetapi tidak berlaku jika berlebihan dalam mengkonsumsinya karena dapat menyebabkan banyak penyakit seperti diabetes. konsumsilah sewajarnya saja.


8. Gosok gigi setelah makan.


Mengapa harus menggosok gigi setelah makan? supaya sisa sisa makanan yang terselit digigimu dapat dikeluarkan/dibuang. Jika tidak, sisa-sisa tersebut akan menjadikan bau mulutmu  tidak sedap bahkan sampai sakit gigi.


9. Sempatkan waktu untuk rilex.


Banyaknya tugas sekolah/kerja pasti membuatmu stress bukan?. Gejala fisik yang ditimbulkan akibat stress adalah seperti sakit kepala, dada terasa sakit, sakit perut dan susah tidur. Maka dari itu sempatkanlah sedikit waktu untuk rilex di sela-sela waktu aktivitasmu.

10. Istirahat yang cukup.


Istirahat yang cukup adalah kunci gaya hidup sehat. Pastikan waktu tidurmu tak kurang dan tak lebih dari 8 jam. Mangapa harus 8 jam? karena dengan kita tidur 8 jam sehari detokfikas dalam tubuh itu akan jauh lebih sempurna.


Memang, untuk mengubah kebiasaan bukanlah perkara yang mudah, tetapi jika kamu niat dalam melakukannya, pengorbanan apapun pasti akan kamu lakukan.



No comments:

Post a Comment