INILAH BAHAYA MEROKOK YANG AKAN MEMBUAT ANDA BERHENTI MEROKOK - Birru . Net

INILAH BAHAYA MEROKOK YANG AKAN MEMBUAT ANDA BERHENTI MEROKOK

Share This
  Merokok adalah kebiasaan sebagian besar penduduk indonesia. Padahal dalam satu batang rokok terdapat lebih dari 4000 bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan. Nikotin adalah salah satu zat yang membuat orang kecanduan terhadap rokok. Berikut adalah bahaya merokok yang membuat anda berpikir dua kali untuk merokok.

1. MERUSAK SISTEM PERNAPASAN



  Sistem pernapasan adalah yang pertama terkena efek buruk dari rokok. Racun dalam rokok dapat mengiritasi saluran pernapasan sehingga menjadi berlendir dan rentan terkena infeksi. Selain itu asap rokok dapat merusak paru paru dan menyebabkan kanker pada paru paru

2. MENGGANGU KINERJA OTAK

  Nikotin adalah zat yang mempengaruhi otak. Zat ini sangat cepat mencapai otak bahkan lebih cepat dari cairan infus. Nikotin bekerja dengan merangsang otak untuk melepaskan hormon dopamin sehingga perokok mendapat perasaan senang dan hal inilah yang membuat orang kecanduan merokok. Selain itu nikotin dapat membuat darah menjadi kental dan dapat memicu stroke otak.

3. MENURUNKAN IMUNITAS TUBUH

  Merokok dapat mengurangi antibodi. Berkurang antibodi membuat tubuh rentan terkena infeksi bakteri dan virus. Selain itu merokok dapat membuat sel darah putih menjadi kurang responsif sehingga menurunkan kekebalan tubuh.

4. MENGGANGU ALIRAN DARAH

  Kandungan nikotin pada rokok dapat membuat darah menjadi kental. Mengentalnya darah dapat memicu penyumbatan. Penyumbatan di otak dapat menyebabkan stroke. Penyumbatan di jantung dapat menyebabkan serangan jantung. dan juga mengentalnya darah dapat menyebabkan hipertensi.

5. MENYEBABKAN INFERTILITAS

  Racun dalam rokok dapat menyebabkan gangguan reproduksi pada pria atau wanita. Pada pria dapat terjadi penurunan kualitas sperma dan kanker testis sedangkan pada wanita dapat terjadi kemandulan dan kanker serviks.

  Itulah bahaya merokok yang sangat mengerikan. Bagi yang belum merokok jangan pernah mencoba rokok. Dan bagi yang sudah merokok segera hentikan karena tidak ada batas aman merokok. Sayangilah dirimu dan keluargamu dengan berhenti merokok

No comments:

Post a Comment