5G DI INDONESIA? kapan dan berapa kecepatannya? - Birru . Net

5G DI INDONESIA? kapan dan berapa kecepatannya?

Share This

Indonesia kapan bisa merasakan teknologi 5G?





Kebayang ga sih? jaringan 4G yang sekarang aja sudah cepet banget, apalagi jaringan 5G? mau cepetnya kaya apa tuh?

Tak puas dengan kecepatan jaringan 4G sekarang muncullah jaringan terbaru yaitu jaringan 5G. Tak segan segan, jaringan 5G memiliki kecepatan rata-rata 100 Mb per detik, dan pada titik tertingginya sampai 1 Gb perdetik. Tentu ini merupakan tiga kali lipatnya jaringan 4G yang berkisaran 55 Mb per detik pada negara Korea Selatan. Dan pertanyaannya, kapan jaringan 5G dapat diakses di Indonesia?

Sebelum itu, Apa kepanjangan dan arti dari angka angka dan huruf G tersebut?


G adalah kepanjangan dari Generation atau Generasi dan angka angka tersebut merupakan tahap perkembangannya. Jadi, 5G bisa disebut Fifth Generation atau Generasi Kelima adalah perkembangan teknologi telekomunikasi yang tentu melebihi dari 4G. Rencananya jaringan 5G ini dapat diakses secara umum pada tahun 2020. 

Siapa Pengembang jaringan 5G

Jaringan 5G dikembangkan oleh Verizon, Terlepas dari itu, sebenarnya jaringan 5G sudah dikembangkan oleh NASA pada tahun 2008, yang kemudian baru bisa diakses secara orisinil pada bulan oktober 2018 kemarin.

Apa kelebihan dan kekurangan 5G


Tentu 5G lebih diunggulkan kelebihannya daripada 4G, seperti:
  • Koneksi internet yang lebih stabil dimana saja, pada jaringan 4G ini sering dijumpai koneksi internet yang stabil tergantung pada situasi tempatnya, namun tidak dengan 5G.
  • Karena koneksi internet yang sangat cepat sehingga dapat menghadirkan kualitas graffic game yang lebih real, tentunya semakin banyak developer developer game mengembangkan gamenya dengan grafik yang bisa dikatakan sudah mirip dengan aslinya, Sehingga bermain game lebih mengasikkan tentunya bagi para gamers.
  • Memudahkan segala urusan online, tidak ada lagi buffer atau yang biasa kita sebut "lemot".
Terlepas dari kelebihannya pasti tak menutup kekurangan dari jaringan yang satu ini, seperti:

  • Hanya bisa diakses di beberapa tempat saja, mengingat kurang supportnya dari negara-negara belahan dunia.
  • Masih dalam tahap perkembangan dan penelitian, sehingga masih banyak kekurangan atau bug-bug.
  • Keamanan yang masih belum terjamin, karena masih dalam tahap perkembangan.
  • Membutuhkan biaya yang banyak untuk mengembangkan infrastruktur tersebut.

Negara mana saja yang sudah bisa mengaksesnya

Pertama kali jaringan 5G diluncurkan di Amerika Serikat (AS) yang kemudian merambat ke 4 kota yaitu: Los Angeles, Houston, Sacramento dan Indiana Polis. Kemudian Korea Selatan, inggris dan Negara pertama bagian Asia Tenggara adalah Filiphina yang kemudian disusul oleh Singapura pada tahun 2020.

Indonesia kapan?

Untuk saat ini Indonesia masih dalam tahap uji coba yang digarap oleh operator telkomsel, dan mungkin Indonesia dapat mengakses internet secara komersial di tahun 2025, menurut pangamat telekomunikasi Institut Teknologi Bandung (ITB), Ridwan Effendi.

No comments:

Post a Comment