Mengapa dan Kapan Ibu Kota Negara Benar - Benar Pindah ke Kaltim? - Birru . Net

Mengapa dan Kapan Ibu Kota Negara Benar - Benar Pindah ke Kaltim?

Share This



Ibu Kota Mengapa Harus Pindah?


Dengan pindahnya ibu kota baru Indonesia ini, tentu banyak sekali pertanyaan-pertanyaan seperti : "kenapa ibu kota harus pindah?", "kalo ibu kota pindah, besok nasib jakarta bagaimana?", dsb. Untuk itu, disini Birru.Net akan membantu menjawab beberapa pertanyaan seperti diatas.

Pengertian Ibu Kota 

Ibu kota menurut KBBI adalah kota tempat kedudukan pusat kepemerintahan dari suatu negara itu sendiri, atau tempatnya lembaga - lembaga negara. Indonesia sendiri sudah pernah mengalami beberapa perpindahan ibu kota negara yaitu antara lain:
-pada tanggal 17 Agustus 1945 yang berawal dari ibu kota Jakarta
-pada tanggal 4 Januari 1946 pindah kota Yogyakarta
-pada tanggal 19 Desember 1948 pindah bukittinggi
-pada tanggal 6 Juli 1949 kembali lagi ke kota Jakarta
-pada tanggal 17 Agustus 1949 kembali lagi ke kota Jakarta 
-dan sekarang tanggal 26 Agustus 2019 pindah Kalimantan Timur.

Penyebab Pindahnya Ibu Kota

Tentu pindahnya ibu kota ini memiliki penyebab, yaitu :

1. Beban Jakarta saat ini sudah sangat berat sebagai pusat kepemerintahan, pusat keuangan, pusat bisnis, pusat perdagangan, dan pusat jasa. 

Saat ini banyak sekali developer developer perusahaan entah itu dari jual beli online, media hiburan, dan lain sebagainya yang memilih membangun kantor-kantor mereka di pusat ibu kota. Dan apabila hal ini terus berlanjut dan tidak ada penanganan tidak menutup kemungkinan Jakarta kelak akan tidak memiliki lahan lagi.

2. Beban pulau Jawa yang semakin berat dengan penduduk sebanyak 150 juta / 54% dari total penduduk Indonesia. Dan, 58% PDB ekonomi Indonesia ada di pulau Jawa.

Dengan begitu, Pulau Jawa merupakan pulau tepadat di Indonesia dengan setengah lebih persen dari total penduduk Indonesia, penyebab ini diantarannya karena banyaknya orang yang beranggapan kerja di pusat negara dapat meningkatkan perekonomian mereka, sehingga banyak dari luar Jakarta yang mengundi nasib mereka di Jakarta.

Bagaimana Nasib Jakarta Setelah Ibu Kota Pindah 

Karena banyaknya pertanyaan seperti diatas maka Birru.Net akan sedikit membantu menjawabnya, Bagi kalian yang masih memikirkannya, tenang, meskipun ibu kota akan dipindah ke Kaltim tapi jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan. "Jakarta akan tetap menjadi prioritas pembangunan dan terus dikembangkan menjadi kota bisnis, kota keuangan, pusat perdagangan, dan pusat jasa berskala regional dan global", ujar jokowi. so, don't worry about it :)


Kapan dan Dimana Ibu Kota Akan Pindah

Untuk kapan ibu kota pindah lebih tepatnya yaitu ibu kota akan benar benar pindah pada tahun 2024  esok. Dan untuk letaknya yaitu berada pada pulau kalimantan Timur, lebih tepatnya yaitu sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kutai Kertanegara. Mengapa di Kaltim? Presiden Jokowi memilih di Kaltim karena Kaltim berada ditengah tengah Negara. Tak hanya itu, dan juga minimalnya untuk dari segi bencana alam seperti, gempa bumi, tanah longsor, banjir, gunung meletus, dan tsunami pada kota tersebut.


No comments:

Post a Comment