5 makanan yang harus Kamu makan saat menderita tiroid - Birru . Net

5 makanan yang harus Kamu makan saat menderita tiroid

Share This

Hipotiroidisme atau disfungsi tiroid merupakan kondisi medis yang serius dan hampir 1 dari 10 orang di India menderita masalah ini. Kelenjar kecil berbentuk kupu-kupu di leher Kamu ini memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga kesehatan Kamu. Penyebab utama disfungsi tiroid adalah ketidakseimbangan hormon. Pada dasarnya disebabkan ketika tubuh Kamu tidak mampu membuat hormon tiroid yang cukup. Kelelahan, penurunan berat badan, kerontokan rambut adalah beberapa gejala umum tiroid dan salah satu cara terbaik untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan sedikit penyesuaian dalam diet Kamu. Memakan jenis makanan tertentu dapat sangat bermanfaat ketika Kamu menderita tiroid.

Dan berikut adalah 5 makanan yang haru Kamu sertakan dalam diet Kamu agar kesehatan tiroid menjadi lebih baik:

Brazil nuts

Kacang brazil yang renyah dan lezat dikemas dengan selenium, yang cukup efektif ketika menderita tiroid. Satu kacang Brazil mengandung 68 hingga 91 mikrogram (mcg) selenium. Hanya dengan mengonsumsi 2-4 kacang Brazil setiap hari, kebuituhan selenium harian tubuh anda akan terpenuhi. Sebuah studi menunjukkan bahwa selenium, terutama dari kacang Brazil lebih efektif daripada suplemen mikronutrien jenis ini.

Avocado

Alpukat merupakan buah yang kaya akan fitronutrien. Buah ini juga merupakan sumber kalium mikronutrien yang membantu mengatur kadar gula darah dan menjaga keseimbangan hormon untuk fungsi kelenjar tiroid yang lebih baik.

Dark leafy greens

Sayuran berdaun hijau gelap dapat membantu mengurangi peradangan di tubuh. Sayuran ini dikemas dengan antioksidan yang amat kuat serta karoten yang dapat mencegah tubuh dari kerusakan radikal bebas.

Fish

Ikan layaknya Salmon, Trout, Tuna, atau sarden kaya akan asam lemak omega-3, yang menjadikannya sebagai pilihan tepat untuk hidangan kamu. Asam lemak omega-3 membantu mengurangi peradangan, membantu membangun kekebalan tubuh dan menurunkan risiko penyakit jantung. Tidak hanya itu, ikan juga merupakan sumber selenium yang baik.

Eggs

Telur, khususnya telur yang murni merupakan sumber yang kaya akan yodium dan selenium, yang merupakan nutrisi pendukung tiroid. Satu sel telur mengandung 20 persen selenium dan 15 persen yodium yang dibutuhkan oleh tubuh kamu setiap harinya untuk fungsi kelenjar tiroid yang lebih baik. Selain itu, telur merupakan sumber protein dan tirosin yang sangat baik.

Yahh.. Udah abis daftarnya.. hehe
Kita sambung lagi dengan materi yang akan datang, guys. Mungkin ada masukan, kalian bisa tinggalkan komen dibawah!
Terima kasih telah berkunjung!

No comments:

Post a Comment