5 Cara Ampuh Mengobati Demam

     Hampir semua orang di dunia ini pernah mengalami demam. Demam sebenarnya bukanlah suatu penyakit. Demam adalah gejala yang menandakan tubuh sedang melawan suatu infeksi atau mengalami inflamasi. Ciri ciri orang yang mengalami demam adalah suhu tubuh yang meningkat kisaran 36°-38°C. Pada umumnya demam akan reda dengan sendirinya. Namun demam biasanya di ikuti oleh gejala lain seperti pusing,mual,sakit kepala,dan muntah yang membuat kita tidak nyaman. Oleh karena itu 5 cara di bawah ini dapat membantu anda mengatasi demam.

1. Kompres Menggunakan Air Hangat
     
     Banyak orang salah mengira bahwa ketika mengalami demam si kompres menggunakan air dingin padahal itu salah. Mengompres menggunakan air dingin justru dapat memperparah demam karena tubuh menganggap suhu dingin sebagai ancaman sehingga tubuh akan meningkatkan suhu tubuh.
Sebaliknya jika kita menggunakan air hangat maka pembuluh darah akan melebar dan memicu produksi keringat yang akan membantu tubuh melepaskan suhu panas sehingga demam akan reda.

2. Perbanyak Mengonsumsi Cairan

     Saat kita mengalami demam tubuh kita akan kehilangan banyak cairan karena cairan di butuhkan untuk melepas panas. Untuk mengganti cairan yang hilang disarankan untuk memperbanyak minum air putih atau juga jus buah. Tidak disarankan untuk meminum minuman yang mengandung kafein seperti teh dan kopi karena dapat merangsang produksi air kencing.

3. Memperbanyak Asupan Vitamin C

    

      Asupan vitamin C sangat di butuhkan saat kita mengalami demam karena vitamin C dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu memerangi infeksi. Lemon adalah yang baik di konsumsi saat demam dan bisa di kombinasikan dengan teh dapat membuat penderita merasa lebih baik.

4. Memakai pakaian yang tipis


      Saat sedang demam biasanya orang akan merasa kedinginan dan menggigil dan yang biasa di lakukan adalah menggunakan selimut tebal atau baju hangat padahal itu justru akan memerangkap panas dalam tubuh. Sebaiknya saat demam memakai baju yang tipis agar sirkulasi udara terjaga dengan baik dan panas tubuh dapat di lepas.

5. Istirahat yang cukup


     Yang terakhir tentunya dengan istirahat. Istirahat yang paling baik adalah tidur. Ketika sedang tidur tubuh akan melakukan regenerasi sel dan detoksifikasi dengan cepat sehinnga dapat menetralisir penyebab demam. Dan pada akhirnya demam akan turun.

    Tentunya masih banyak cara lain untuk mengatasi demam. Karena setiap orang punya cara sendiri sendiri. Namun cara di atas merupakan cara yang paling baik untuk mengatasi demam. Selamat mencoba. Semoga lekas sembuh .
Ada pertanyaan? Diskusikan dengan penulis atau pengguna lain
Tautan disalin ke papan klip!