5 Hewan pembawa penyakit yang harus di waspadai - Birru . Net

5 Hewan pembawa penyakit yang harus di waspadai

Share This
      Hampir setiap hari kita melakukan kontak dengan hewan terlebih lagi bagi kita yang mempunyai binatang peliharaan. Hewan adalah salah satu perantara inang sebelum parasit,bakteri,atau virus menemukan inang utama yaitu manusia. Berikut kami sajikan 5 hewan pembawa penyakit yang sering melakukan kontak dengan kita.

1. Kucing


      Kucing adalah hewan yang mempunyai penampilan yang imut dan tingkah laku yang menggemaskan sehingga tidak jarang banyak orang yang memeliharanya. Namun siapa sangka di balik kelucuannya kucing membawa beberapa penyakit yaitu cat scratch dan toksoplasma gondii. Cat scratch adalah penyakit yang di akibatkan oleh cakaran kucing yang mengandung bakteri. Ini biasanya terjadi pada kucing liar namu pada kucing peliharaan ini jarang terjadi karena kucing peliharaan rata rata di rawat dengan baik. Gejala penyakit cat scratch adalah demam dan pembengkakan pada luka cakaran. Sedangkan toksoplasmosis gondii terdapat pada semua kucing baik liar atau peliharaan. Infeksinys biasa melalui feses dan air kencing kucing. Infeksi menyebabkan kemandulan bagi wanita dan kebutaan bagi pria.

2. Anjing


     Anjing juga adalah salah satu hewan peliharaan. Anjing juga di kenal sebagai hewan peliharaan yang setia dan patuh pada pada tuannya. Tetapi anjing. Tetapi anjing ternyata dapat menularkan beberapa penyakit salah satunya adalah rabies yaitu penyakit yang menyerang saraf otak. Menginfeksinya dengan cara gigitan dari anjing. Selain itu di dalam pencernaan anjing terdapat cacing gelang yang apabila masuk dalam tubuh manusia maka akan menyebabkan infeksi pencernaan. Cara menginfeksinya dengan memakan daging anjing.

3. Tikus


     Tikus adalah hewan yang dianggap sebagai hama. Tikus biasa dijumpai di area persawahan ataupun di sudut-sudut rumah yang tidak terawat titik tikus ini biasa membawa penyakit leptospirosis leptospirosis adalah penyakit yang menyerang hati. Gejalanya Biasanya berupa demam dan nyeri otot. Infeksinya biasanya melalui feses ataupun urine sehingga biasanya saat musim hujan dan terjadi banjir maka Penyakit ini sangat mudah ditularkan kepada manusia.

4. Nyamuk



     Tentu kalian semua sudah tidak asing dengan hewan yang satu ini. Nyamuk memang dikenal sebagai hewan yang menularkan penyakit. Nyamuk yang paling terkenal adalah aedes aegypti yaitu nyamuk penyebab demam berdarah. Selain nama tersebut terdapat pula nyamuk anopheles yang menularkan penyakit kaki gajah satu. Penginfeksian nya tentu saja melalui gigitan nyamuk.

5. Monyet


     Monyet adalah salah satu hewan yang sering melakukan kontak dengan manusia. monyet biasa dijadikan sebagai hewan peliharaan ataupun sebagai hewan pertunjukan. namun menurut sejumlah pakar monyet dapat menyebabkan virus herpes E yang berbahaya bagi manusia.

       Itulah 5 hewan pembawa penyakit yang harus diwaspadai oleh kita namun tidak membuat kita harus menjauhi hewan-hewan tersebut karena penyakit yang ditularkan bisa dicegah dengan cara perawatan yang baik bagi binatang peliharaan Sedangkan untuk binatang liar Kita harus menghindari kontak langsung dengan nya.

No comments:

Post a Comment