5 Resep Keluar Dari Persoalan Hidup - Birru . Net

5 Resep Keluar Dari Persoalan Hidup

Share This
     Ada 5 resep menarik bagi anda ada yang saat ini tengah hidup dalam penderitaan kegalauan atau mungkin Tengah diuji oleh Allah. Baik ujian berupa sakit, belum punya pekerjaan, masalah percintaan, atau apa saja. Simak 5 resep jitu berikut ini untuk keluar dari persoalan hidup anda.

1. Mempersiapkan diri ( sebelum terjadi )

     Jadi Anda harus siap. Siap untuk apa? Siap untuk menghadapi yang cocok dengan yang diinginkan dan sikap menghadapi yang tidak cocok dengan keinginan anda. Anda memang harus memiliki keinginan, cita-cita, antena yang benar dan wajar dalam hidup ini bahkan Anda dianjurkan untuk gigi ikhtiar mencapai apapun yang terbaik bagi dunia akhirat, semaksimal kemampuan yang Allah SWT berikan kepada anda. namun bersamaan dengan itu Anda harus sadar bahwa anda hanyalah makhluk yang memiliki banyak keterbatasan untuk mengetahui segalanya yang tidak dapat dijangkau oleh Nalar dan kemampuan anda. Bahkan dalam kehidupan ini kita sering mengalami sesuatu yang diluar dugaan kita dan diluar kemampuan kita untuk mencegah mencegahnya. Anda selalu terkenang tindakan yang salah dalam menyikapinya, maka betapa terbayangkan hari-hari akan terlalu penuh kekecewaan penyesalan, keluh kesah, kedongkolan, hati yang galau sungguh rugi padahal hidup hanya 1 kali dan kejadian yang tidak diduga pun akan terjadi lagi.

2. Bersikap ridha (Bila sudah terjad)

      Sudah dijelaskan di atas bahwa manusia penuh dengan keterbatasan dan seringkali ada hal-hal yang tidak terduga yang tidak dapat dicegah oleh manusia dan apabila itu sudah terjadi maka satu-satunya cara untuk mengatasinya adalah bersikap Ridha atau menerima dengan ikhlas segala sesuatu yang sudah terjadi. Itulah yang disebut dengan Ridho. Iya adalah kekuatan untuk menyembunyikan ke parkiran, juga kekuatan untuk menyembunyikan rasa marah serta menyembunyikan kegalauan yang menggumpal gumpal dalam dada. Perlu Anda ketahui bahwa Ridho ini adalah bagian dari iman jika anda mengaku beriman, maka anda harus hidup terhadap apa saja yang telah diputuskan oleh Allah SWT, anda tidak boleh menggerutu apalagi sampai mengumpatnya.

3 Bermuhasabah

      Secara bahasa musabah berarti artinya menghitung. Jadi Muhasabah berarti usaha anda sebagai seorang muslim untuk menghitung dan mengevaluasi Berapa banyak dosa yang anda telah lakukan dan kebaikan apa saja yang belum Anda lakukan. Muhasabah juga upaya Anda untuk menghadirkan kesadaran bahwa yang Anda kerjakan akan selalu dipantau oleh malaikat Raqib dan Atid yang akan dipertanggungjawabkan di hadapan Allah SWT kelak. Jadi setiap hari Anda harus melakukan Muhasabah untuk mengkoreksi diri anda mengapa kira-kira diri Anda tertimpa musibah kegagalan kegalauan titik Apakah Anda banyak melakukan dosa, suka membangkang perintah Tuhan, atau memang itu sudah menjadi skenario Tuhan agar kita menjadi lebih baik lagi. Jadi anda harus Muhasabah betul Sehingga anda mengerti faktor kegagalan anda.

4. Jangan mempersulit diri

     Seandainya Anda mau jujur. Anda ini sesungguhnya Anda ini sering mengarang, mendramatisir dan mempersulit diri. sebagian dari penderitaan anda adalah hasil dramatisasi perasaan dan pikiran sendiri titik Selain tidak pada tempatnya, hal ini juga pasti membuat masalah akan semakin lebih besar lebih seram, lebih pahit,lebih dahsyat,  lebih pilu daripada kenyataan aslinya dan tentu saja ujungnya akan terasa jauh lebih Nelangsa atau lebih repot dalam menghadapinya atau menyelesaikannya. Maka telah menghadapi persoalan apapun jangan tenggelam dalam pikiran yang salah. Anda harus tenang, menguasai diri, Renungkanlah janji dan jaminan Pertolongan Allah SWT dan Bukankah anda sudah sering melampaui masa-masa yang sangat sulit dan ternyata Anda bisa lolos pada akhirnya, tidak segawat yang anda pikirkan sebelumnya Jadi anda harus yakin bahwa Allah SWT tidak akan membebani nya masalah kecuali dia sanggup untuk menghadapinya. Dan Yakinlah bahwa sesungguhnya setelah kesulitan itu ada kemudahan.

5. Semua pasti akan berlalu

     "Semua pasti akan berlalu" itulah yang Anda harus Tanamkan dalam pikiran anda ketika anda dalam masalah bahwa tidak mungkin Anda selamanya dalam kesengsaraan, dalam kegalauan, dalam kesedihan. Tidak mungkin pula selamanya Anda berpuasa dan pasti suatu saat anda akan merayakan hari raya.

     Itulah 5 resep keluar dari persoalan hidup dan perlu Anda ingat bahwa kegalauan akibat masalah yang tengah Anda hadapi sesungguhnya merupakan bentuk pendidikan dari Allah yang akan semakin mematangkan diri, mendewasakan diri, menambah ilmu, meluaskan pengalaman ,melipatgandakan pahala dan menjadikan hidup ini jauh lebih bermutu, mulia dan terhormat dunia akhirat.

No comments:

Post a Comment