Anda merasa minder ? Berikut adalah tips untuk menumbuhkan jiwa self confidence anda - Birru . Net

Anda merasa minder ? Berikut adalah tips untuk menumbuhkan jiwa self confidence anda

Share This
     Minder,malu,takut adalah sifat manusia normal karena tanpa sifat tersebut anda adalah orang gila. Namun yang sulit adalah mengendalikan sifat minder. Jika sifat tersebut tidak dapat di kendalikan maka akan menghambat kesuksesan anda. Namun sebaliknya jika sifat tersebut dapat di kendalikan dan kita dapat menumbuhkan jiwa self confidence atau percaya diri maka kesuksesan bukan hal mustahil. Mungkin beberapa dari anda masih bingung cara menumbuhkan jiwa self confidence. Berikut adalah tips yang di jamin ampuh menumbuhkan jiwa self confidence.

1. Menciptakan definisi diri postif


      Steve chandler mengatakan, "cara terbaik untuk mengubah keyakinanmu adalah mengubah definisi dirimu." bagaimana cara menciptakan definisi diri positif. Ada beberapa cara. Pertama, membuat kesimpulan yang positif tentang diri sendiri atau membuat opini positif tentang diri sendiri. Kedua, belajar melihat bagian bagian positif,kelebihan, dan kekuatan yang anda miliki. Ketiga, membuka dialog dengan diri sendiri tentang hal hal positif yang bisa anda lakukan mulai dari yang paling kecil dan anda bisa lakukan hari ini.

2. Memperjuangkan keinginan positif


     Selanjutnya adalah merumuskan program atau agenda perbaikan diri. Ini bisa berbentuk misalnya memiliki target baru yang hendak anda wujudkan atau merumuskan langkah langkah positif yang hendak anda lakukan. Entah itu besar atau kecil intinya intinya harus ada perubahan dan peningkatan yang lebih positif. Anda hanya perlu ingat bahwa pada akhirnya anda akan menjadi lebih baik dengan melakukan sesuatu yang baik untuk anda.

3. Mengatasi masalah secara positif

     Percaya diri di perkuat dengan cara membuktikan pada diri sendiri bahwa anda ternyata berhasil menghadapi masalah. Semakin banyak masalah yang anda selesaikan, maka akan semakin kuat rasa percaya diri anda. Kalau anda sudah terbiasa kalah atau pasrah, maka ini kebiasaan yang membuatmu sering bermasalah.

4. Memiliki dasar keputusan yang positif

    Kalau berkaca dari praktek kehidupan, memang tidak ada orang yang selalu yakin atas kemampuannya dalam menghadapi masalah atau mewujudkan keinginan. Orang yang sekelas mahatma gandhi saja sempat goyah ketika tiba tiba realitas berubah secara tak terduga. Tapi, gandhi punya cara yang mungkin bisa anda tiru. "Ketika saya putus asa maka saya selalu ingat bahwa sepanjang sejarah jalan yang di tempuh dengan kebenaran dan cinta selalu menang." ada beberapa tirani dan pembunuhan yang sepintas menang namun pada akhirnya kalah. Pikirkan ucapan saya ini "selalu." artinya kepercayaan gandhi timbul lagi setelah ingat bahwa langkah langkahnya sudah di landasi prinsip yang benar.

5. Memiliki modal atau teladan yang positif

     Yang penting lagi adalah menemukan orang lain yang anda contoh dari sisi kepercayaan dirinya. Ini meang menuntut anda untuk sering sering membuka mata melihat orang lain yang lebih bagus dari anda kemudian menjadikannya pelajaran. Saking pentingnya peranan orang lain ini ada yang mengatakan bahwa anada bisa memperbaiki diri dari dua hal. Pertama, pengalaman pribadi (life experiencing) dan kedua mencontoh dan mempelajari orang lain (duplicating)

     Dengan mencoba beberapa cara di atas insya allah anda akan mengembangkan usaha yang anda rintis sesuai dengan apa yang anda cita citakan. Yang terpenting adalah anda berpikir sukses dan jangan berpikir gagal. Yakinlah bahwa diri anda bisa. Insya allah  positive thinking dalam diri anda akan terlecut untuk terus maju.

     

No comments:

Post a Comment