-->
MusaAbid
MusaAbid Hi, i'm tech enthusiast. Write some code and letter to be your "Oohhaaa" keyword.

9 Cara Untuk Belajar Coding Mudah bagi Pemula

cara untuk belajar coding

 

Cara untuk belajar coding tentu amat diperlukan bagi kamu yang ingin memiliki keterampilan setara profesional dalam dunia kerja programmer meski masih dalam tahap pemula sekallipun.

Kabar baiknya lagi, belajar coding kini tidak hanya terbatas di bangku pendidikan formal sekelas kuliah saja, saat ini pun kamu bisa mempelajari coding dengan lebih mudah dan banyak cara.

Berbagai bentuk perusahaan pun kini makin giat dalam mencari potensi orang-orang dalam kemampuan di bidang coding. Satu alasan kuat ialah peran pentingnya dalam pengembangan situs maupun software serta pemrograman komputer lain yang bersifat primary.

Apakah kamu siap menjadi objek yang dicari oleh perusahaan-perusahaan bergengsi? Yuk simak 8 Cara untuk belajar coding mudah untuk menambah skill kamu.

1. Pahami Konsep Dasar

cara untuk belajar coding pahami konsep

 

Cara untuk belajar coding yang pertama adalah dengan memahami lima konsep dasar dalam coding, yaitu:

Variabel

Variabel dalam coding merupakan sebuah nilai, angka, character string dan atau memory address yang memungkinkan seorang programmer untuk membuat sebuah program. 

Control Structure

 Control Structure adalah serangkaian blok pemrograman yang menganalisis variabel serta menentukan alur berikutnya.

Data Structure

 Data Structure adalah format khusus untuk menganalisa serta menyimpan data sesuai dengan tujuan tertentu.

Syntax

 Syntax adalah script atau code yang dipahami oleh komputer untuk mencapai tujuan yang dimaksud oleh seorang programmer.

Tools

 Tools adalah serangkaian program komputer yang diperlukan untuk menciptakan, memelihara, mendukung dan menjalankan debuging akan sebuah program ataupun aplikasi.

2. Pilih Bahasa Pemrograman

cara untuk belajar coding bahasa pemrograman


Bahasa Pemrograman yang perlu kamu pilih akan berkaitan erat dengan tujuan coding-mu sendiri. Tentukanlah terlebih dahulu tujuan dari coding yang kamu harapkan agar kamu dapat memilih bahasa pemrograman yang sekaligus sesuai dengan sumber pembelajarannya.

Cara untuk Belajar coding dalam membangun sebuah situs internet akan jauh berbeda dengan belajar coding untuk perancang game mobile maupun desktop.

Beruntungnya, banyak bahasa pemrograman yang memiliki konsep dasar yang bisa dikatakan mirip dan ini akan membuat pemula sekalipun dapat menerapkan dengan mudah.

3. Pelajari Coding Satu-per-Satu

Sebagai seorang pemula, fokus dalam belajar coding tentu akan menjadi sebuah tantangan. Kamu perlu untuk fokus belajar bahasa pemrograman satu-per-satu agar benar-benar dapat menguasai satu bahasa tersebut sebelum masuk ke bahasa yang lain.

Hal ini tentu mempunyai tujuan agar cara untuk belajar coding yang kamu lakukan tidak membingungkan dalam mengenali penulisan syntax serta menghindarkan dari pencampuran berbagai syntax dalam sebuah bahasa pemrograman.

Awalilah cara untuk belajar coding dengan mempelajari bahasa pemrograman sederhana seperti Python, EcmaScrypt6 (lebih dikenal dengan JavaScript) dan HTML-CSS.

Khusus untuk HTML-CSS, pelajarilah secara bersamaan bila memang kamu bertujuan untuk mengembangkan sebuah situs internet. Karena pada dasarnya HTML dan CSS saling berkaitan satu dengan yang lain dalam pengembangan sebuah situs.

4. Pelajari Dasar dari Setiap Bahasa Pemrograman

cara untuk belajar coding dasar pemrograman

 

Mempelajari setiap bahasa pemrograman bermula dari dasar-dasar yang tentu perlu untuk dipahami dengan baik. Misalkan kamu hendak mempelajari bahasa python, maka cobalah untuk mengawali dengan pengenalan serta tutorial syntax termudahnya.

Uraikan sebuah proyek besar menjadi sebuah langkah-langkah yang sederhana. Kamu hanya perlu menghabiskan beberapa waktu untuk benar-benar mempelajari satu langkah sebelum memulai langkah yang lain.

Setelah kamu benar-benar menguasai sebuah tutorial, coba hapus dan tulis ulang syntax-nya dari awal. Dan bila memang sudah yakin, maka cobalah untuk mengganti beberapa variabel dan structure agar kamu benar-benar memahami alur kerja syntax yang kamu tuliskan.

5. Ikuti Kursus Coding

cara untuk belajar coding dengan kursus online

 

Saat ini ada berbagai online course yang menyediakan cara untuk belajar coding mudah bagi pemula mulai dari tingkat dasar. 

Bentuk online course yang disuguhkan pun beragam, dari yang berbasis tulisan, video tutorial bahkan hingga latihan termutakhir berupa pembelajaran interaktif.

Course Interaktif akan sangat efektif bahkan sangat dianjurkan, karena adanya praktik langsung akan materi yang spesifik dan konstant.

Kamu bisa memulai belajar coding secara gratis dari beberapa situs, seperti:

  • Codecademy
  • Code.org
  • KhanAcademy
  • Scratch

Bahkan saking banyaknya platform penyedia layanan belajar coding online, kamu pun juga dapat mengikuti rekomendasi course docker gratis atau mengikuti pendaftaran online course-nya melalui Udemy.

6. Pelajari Coding Scrypt Orang Lain

cara untuk belajar coding dengan scrypt orang


 Kamu akan dapat degan mudah menemukan berbagai potongan scrypt coding dan programming dari banyaknya open source yang dapat diakses dan ubah-suaikan bagi setiap orang.

Cobalah untuk menemukan scrypt coding yang sederhana, kemudian amati beberapa aspek seperti:

  • Apakah metode yang digunakan disetiap line code sudah efektif?
  • Apakah ada kesalahan dalam potongan code itu?
  • Bagaimana cara mengubah suatu code agar dapat berubah fungsi?

7. Pelajari Coding melalui Game Online

Pasti akan menjadi hal yang sangat mengasyikkan bagi kamu yang mencari cara untuk belajar coding mudah. Alasannya? tentu karena kamu dapat belajar coding android sembari dengan bermain game online yang telah dibuat oleh developers-nya.

Banyak game online yang dibuat dengan bahasa pemrograman JavaScript, C++ dan juga Java. Ambil saja beberapa bukti seperti: Counter Strike, Angry Birds, Poly Craft, Footbal Pro dan banyak lainnya.

Melalui Game online ini kamu dapat mempelajari desain game hingga tingkat kesulitan yang dimunculkan para developers dalam masing-masing game yang dibuatnya.

8. Coding dengan Buku

cara untuk belajar coding dengan buku


Meski cara ini terbilang lawas, nyatanya lewat buku kamu bisa mendapatkan berbagai cara untuk belajar coding mudah dan gratis ber-bahasa Indonesia, selain itu kamu juga mudah mendapatkan bahan bacaan baik dari teman atau setidaknya perpustakaan di dekat rumahmu.

Banyak referensi buku coding yang dapat kamu jumpai, salah satunya ada buku karya Elizabeth Tweedale yang telah dialih bahasa ke dalam terjemahan Indonesia yang berjudul "Coding membuat Program".

Selain itu, ada juga buku karya Yuniar Supardi berjudul "Belajar Coding Android bagi Pemula".

9. Cari Mentor

cara untuk belajar coding dengan mencari mentor

 

Banyak komunitas coding yang dapat kamu ikuti, kamu bisa mendapatkan berbagai pengalaman, bertemu dengan banyak programmer serta developer yang bisa kamu jadikan teman diskusi bahkan mentor dalam proses belajar coding.

Pengalaman mereka, nasehat serta feedback akan memberikan wawasan dan pengetahuan yang lebih sebagai bekal kamu dalam belajar coding mudah bagi pemula.

Tidak menghilangkan kemungkinan pula, bahwa bila kamu telah andal dalam coding. Maka kamu yang akan menjadi mentor bagi pemula-pemula lainnya.

Kesimpulan: 9 Cara untuk Belajar Coding Mudah bagi Pemula

kesimpulan cara untuk belajar coding

 

Pada intinya, tidak ada cara untuk belajar coding yang terbaik bagi semua orang. Karena setiap metode pembelajaran serta manusianya sendiri memiliki keunggulan dsan kemampuannya masing-masing.

Yang perlu untuk kamu lakukan hanyalah mengenal berbagai bahasa pemrograman dari sumber yang beragam agar nantinya kamu dapat menemukan bahasa pemrograman utama kamu.

Cara untuk belajar coding serta programming juga tidak serta merta akan membuatmu menjadi super-man, kamu perlu waktu serta kesabaran dalam menjalaninya. Namun, semua akan terbayarkan dengan adanya skill yang sangat mumpuni.

So, lanjutkan perjuanganmu serta terus asah dan kembangkan potensi diri yang ada pada dirimu. Fighting! 💪

MusaAbid
MusaAbid  Hi, i'm tech enthusiast. Write some code and letter to be your "Oohhaaa" keyword.

Komentar