-->

Apa Itu Keracunan Oksigen ? Mungkinkah Dapat Terjadi ?

Oksigen adalah gas yang tidak berwarna,tidak berbau,dan tidak berasa. Oksigen termasuk unsur non logam dengan nomor atom 8.

Oksigen adalah salah satu unsur kimia yang di butuhkan tubuh. Manusia tidak bisa hidup tanpa oksigen. Oksigen masuk ke dalam tubuh melalui paru paru lalu di serap oleh tubuh melalui darah.

Walaupun menjadi salah satu unsur kimia penting yang di butuhkan tubuh, oksigen juga dapat meracuni tubuh. Benarkah ini dapat terjadi ? Mengapa keracunan oksigen dapat terjadi ? Apakah berbahaya bagi manusia ?

  

Apa Itu Keracunan Oksigen ?

Keracunan oksigen adalah kejadian seseorang terlalu banyak menghirup oksigen atau kelebihan oksigen. Walaupun kelihatannya sepele tetapi kerusakan paru yang di sebabkan kelebihan oksigen tidak main main. Jika di biarkan bahkan bisa menyebabkan serangan jantung.

Kelebihan oksigen sama seperti bernapas biasa hanya saja oksigen yang masuk terlalu banyak dan berbahaya bagi jaringan paru.

Oksigen yang terlalu banyak dapat menyebabkan paru paru terendam cairan dan tidak dapat mengirimkan oksigen menuju jantung untuk di edarkan melalui darah.

Apa Saja Gejala Keracunan Oksigen ?

Keracunan oksigen mempunyai beberapa gejala sebagai berikut

Pusing

Pusing adalah salah satu gejala keracunan oksigen. Ketika tekanan oksigen yang berlebih memenuhi paru paru maka seseorang dapat merasa pusing

Gangguan Penglihatan

Gangguan penglihatan dapat tetjadi ketika seseorang mengalami keracunan oksigen. Gangguan penglihatan dapat berupa menggelapnya pandangan sebagian atau bahkan sepenuhnya

Mual Mual

Gejala berikutnya adalah mual mual. Gejala mual mual bisa ringan atau bisa sangat parah. Jangka waktu terjadinya mual mual bisa terus menerus atau timbul hilang.

Mudah Merasa Tidak Nyaman

Salah satu efek negatif terlalu banyak oksigen adalah perubahan perilaku seseorang. Biasanya orang tersebut lebih mudah tersinggung dan mudah marah.


Penyebab Keracunan Oksigen

Setelah mendengar penjelasan di atas pastinya akan muncul ketakutan dan kekhawatiran. Apakah keracunan oksigen dapat terjadi secara tidak sadar ? Apa ada oksigen tertentu yang bersifat racun ? Apa penyebab keracunan oksigen ?

Kalian tidak usah khawatir ada kondisi khusus di mana orang dapat mengalami keracunan oksigen. Orang orang yang dapat mengalami keracunan oksigen adalah orang yang menggunakan oksigen tambahan

Contoh ketika orang menyelam maka akan menggunakan tabung oksigen untuk bernapas. Pernapasan yang berlebihan dari tabung oksigen dapat menyebabkan keracunan oksigen

Orang yang sakit dan menggunakan ventilator juga dapat mengalami keracunan oksigen. Apabila tekanan oksigen dalam ventilator melebihi batas aman justru akan membahayakan pasien.

Bagaimana Pengobatan Keracunan Oksigen ?

Keracunan oksigen sebenarnya tidak memerlukan perawatan khusus. Paru paru akan segera pulih dalam beberapa minggu. 

Bagaimana Pencegahan Keracunan Oksigen ?

Cara untuk mencegah keracunan adalah pastikan anda untuk peralatan oksigen tambahan jika anda ingin menggunakannya

Aturlah tekanan oksigen agar tetap pada batas aman sehingga anda tidak menghirup oksigen berlebih saat bernapas.

Anda juga dapat meminta saran dari tenaga kesehatan ketika anda ingin melakukan kegiatan yang membutuhkan alat bantu oksigen.

Komentar