-->

Bahaya Kecoa Bagi Kesehatan Manusia

Kecoa adalah hewan yang di takuti banyak orang. Bukan karena beracun seperti ular tetapi karena bentuknya yang kecil dan berwarna hitam sehingga terlihat menyeramkan bagi sebagian orang. Apalagi jika kecoa sudah mengepakkan sayapnya di jamin bisa membuat orang lari terbirit birit.

            

Walaupun tidak beracun seperti ular, kehadiran kecoa bisa menimbulkan bahaya kesehatan. Kecoa adalah pemakan segala. Kecoa memakan makanan sisa,kertas,lem,dan bahkan materi feses. Hal ini menyebabkan kecoa dapat menjadi vektor dari berbagai macam bakteri yang mengancam kesehatan manusia. Berikut di bawah ini beberapa bahaya kecoa bagi kesehatan manusia.

1. Menjadi Vektor Perkembangbiakan Bakteri

Bahaya kecoa yang pertama adalah kecoa menjadi vektor perkembangbiakan bakteri terutama pada air liurnya. Ketika kecoa memakan sebuah makanan maka kecoa akan memuntahkan air liurnya pada makanan sehingga membuat makanan tersebut terkena kontaminasi bakteri

Air liur kecoa mengandung banyak bakteri. Salah satunya adalah pseudomonas aerigeunosa. Bakteri ini dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan sepsis atau keracunan darah bagi manusia. Oleh karena jangan makan makanan yang sudah di hinggapi oleh kecoa

2. Kontaminasi Makanan

Kecoa adalah hewan yang hidup dengan bebas. Kecoa hampir bisa beradaptasi di berbagai lingkungan.sering kali kita menjumpai kecoa di tempat sampah atau di kamar mandi. Oleh karena tubuh kecoa juga menjadi tempat perkembangbiakan bakteri. Maka pastikanlah anda menyimpan makanan anda dengan baik agar tidak di hinggapi kecoa.

3. Gigitan Kecoa

Walaupun sangat jarang terjadi tetapi ada beberapa spesies kecoa yang suka menggigit manusia. Jika anda tinggal di daerah yang terdapat banyak kecoa maka berhati hatilah karena bisa saja terdapat spesies kecoa yang suka menggigit manusia.

4. Alergi

Mungkin anda tidak tahu bahwa air liur kecoa mengandung ratusan alergen. Hal ini dapat memicu reaksi bagi penderita alergi. Gejala yang di timbulkan bisa berupa ruam kulit,bersin,mata merah dan berair. Maka dari itu penting bagi penderita alergi untuk menjaga lingkungan tetap bersih agar tidak menjadi sarang bagi kecoa

5. Penyerangan Bagian Tubuh

Kecoa tidak hanya menyerang rumah anda tetapi mungkin juga menyerang tubuh anda. Dalam beberapa kasus ada kecoa yang masuk ke dalam tubuh melalu lubang telinga,lubang hidung dan mulut. Terutama bagi kecoa yang berukuran kecil maka akan sangat mudah memasuki lubang lubang tersebut. Serem bukan ? Oleh karena jagalah selalu kebersihan lingkungan tempat tinggalmu agar tidak menjadi sarang kecoa.

Komentar