-->
MusaAbid
MusaAbid Hi, i'm tech enthusiast. Write some code and letter to be your "Oohhaaa" keyword.

Kuasai 3 Ilmu Dasar Programmer Andal Berkualitas

Ilmu Dasar Programmer

 

Kamu tahu, kan? Mark Zuckerberg yang mengumumkan metaverse, Bill Gates yang mengembangkan Microsoft. Dua sosok yang menguasai ilmu dasar programmer ini dapat dikenal hampir di seluruh penjuru dunia karena ke-andal-an serta kualitasnya dalam dunia programming.

Programmer sendiri adalah satu dari banyaknya profesi di bidang IT yang cukup populer dengan berbagai project aplikasi baik yang berbasis web, desktop bahkan mobile yang dibangunnya.

Untuk dapat mewujudkan project-project tersebut, tentulah programmer dituntut memiliki kemampuan dari ilmu dasar programmer itu sendiri hingga bidang yang lebih sulit lainnya.

Kemampuan yang Harus dimiliki Programmer

Keterampilan programmer merupakan faktor penting dalam sebuah proses perencanaan hingga tahap pengujian program. Setiap langkah yang dilakukan harus sesuai prosedur dan sistematis agar program mendapatkan hasil yang maksimal saat akan dirilis.

Dan, ada beberapa kemampuan yang harus dimiliki programmer diantaranya:

1. Logika, Algoritma dan Matematika

Ilmu Dasar Programmer logika algoritma matematika


Kemampuan serta keterampilan dalam berlogika, memecahkan algoritma serta skill matematis akan menjadi ilmu dasar programmer yang memang sepantasnya dimiliki.

Melansir dari Code Share, programmer idealnya memiliki kemampuan dasar matematika.

Tiga keterampilan ini sangat diperlukan dalam pembuatan program yang nantinya ditujukan untuk melakukan sebuah perhitungan serta fungsi yang dieksekusi.

2. Bahasa Inggris

Selain bahasa Inggris merupakan bahasa Internasional, nyatanya bahasa yang umum dalam penulisan dokumentasi bahasa pemrograman juga berbahasa Inggris.

Selain hanya untuk mempermudah kamu dalam memahami dokumentasi sebuah bahasa pemrograman, kemampuan berbahasa Inggris yang baik juga bisa membantu kamu dalam mencari referensi bila sedang stuck atau bahkan saat error.

3. Membaca Source Code

Ilmu Dasar Programmer membaca source code


Pembacaan Source Code haruslah sejalan dengan alur logika agar tidak membingungkan. Keterampilan membaca source code tentu menjadi ilmu dasar programmer yang akan sangat berguna saat menyunting ataupun menyusun source code bersama Tim.

4. Debugging

Ilmu Dasar Programmer debugging


Debugging adalah proses pencarian celah yang menjadi standar ilmu dasar programmer, agar dapat mencari bug atau kesalahan dalam sebuah program yang telah atau sedang dibuat.

Fungsi dari debugging sendiri adalah demi menjaga sistem dari serangan cracker dan atau hacker, sehingga sumber daya sistem tetap dapat bekerja secara aman dan efisien.

5. Bahasa Pemrograman

Ilmu Dasar Programmer bahasa pemrograman


Kemampuan bahasa pemrograman adalah hal terpenting dalam penguasaan ilmu dasar programmer, melansir dari Tech Republic.

Sebab, haqiqinya tanpa memiliki keterampilan dalam bahasa pemrograman seorang programmer tidak dapat disebut programmer karena tidak akan pernah bisa membuat program apapun.

Kamu pun perlu untuk selalu membaca dokumentasi agar dapat menterjemahkan serta menulis scrypt code dengan baik sesuai dengan sistem.

Cara Menjadi Programmer

Bila memang kamu berkeinginan menajdi seorang programmer, kamu bisa mengikuti cara menjadi programmer andal dan berkualitas menurut Birru.Net, berikut:

1. Kuasai Bahasa Pemrograman serta Skill Penunjang

Bahasa Pemrograman serta skill yang berkaitan di bidang IT akan menjadi modal terbesar yang harus dikuasai programmer.

Tak hanya tahu bagaimana sebuah bahasa pemrograman bekerja, seorang programmer harus benar-benar dapat menguasai 1 bahasa pemrograman PRIMER yang ia kuasai secara utuh.

Untuk dapat menguasai pengetahuan di bidang bahasa pemrograman, kamu perlu mempelajarinya baik dengan pendidikan formal maupun non-formal, seperti kursus atau belajar programming otodidak.

2. Cari Pengalaman

Jika kamu merasa cukup yakin dengan ilmu dasar programmer yang telah kamu capai, langkah selanjutnya adalah dengan mencari pengalaman seperti magang atau bekerja di sebuah perusahaan.

Atau bila kamu merasa terlalu dini maka bergabung dalam komunitas programmer juga merupakan langkah yang patut untuk kamu pertimbangkan.

Tujuan dari hal tersebut adalah untuk melatih serta mengasah kemampuan yang telah kamu miliki di bidang pemrograman hingga kamu mendapat banyak pengalaman di bidang yang sama serta dapat banyak belajar banyak hal.

3. Bangun Jaringan Pertemanan (networking)

Ilmu Dasar Programmer bangun jaringan networking


Hal ini akan sangat kamu perlukan dalam meningkatkan ilmu dasar programmer melalui komunitas atau perkumpulan yang kamu ikuti.

Kamu juga akan mendapatkan banyak kenalan programmer baru yang akan mempermudah kamu dalam menjaring informasi yang lebih luas terkait sebuah proyek maupun lowongan kerja di bidang programming.

4. Mulai Buat Program

Kemampuan serta keahlian dalam bidang IT yang telah kamu kuasai perlu untuk terus terasah, dengan seiring bertambahkan waktu dan perkembangan tentu kamu harus sering berlatih membuat program.

Ilmu dasar programmer yang hanya berupa teori saja tidaklah cukup untuk dapat menguasai dunia programming, oleh karenanya kamu perlu utnuk terus-menerus mempraktikkan secara langsung.

Mulailah dengan membuat program yang sederhana, efisien serta mudah digunakan.

Program yang telah kamu buat ini juga dapat menjadi portfolio saat kamu akan mengajukan lamaran kerja atau mencari proyek yang perlu dikerjakan.

Kebiasaan yang Perlu Diterapkan

Tentu menjadi programmer memang tidak mudah, tak hanya itu menjadi programmer pun memerlukan konsistensi serta kegigihan agar menjadi programmer yang andal dan profesional.

Oleh karena itu, beberapa kebiasaan ini perlu untuk kamu terapkan agar segera sukses di bidang programming:

1. Rajin Baca Berita

Khususnya tentang teknologi, karena perkembangannya yang sangat pesat. Dan tak menutup batasan juga berita secara umum, sebab bisa jadi masalah yang ditimbulkan dalam membaca berita bisa memberikan ide cemerlang dalam pembuatan sebuah program.

2. Tulis Setiap Ide

Ilmu Dasar Programmer tulis setiap ide


Tak jarang bagi orang yang mempelajari pemrograman akan menafsirkan berbagai alur masalah yang timbul sebagai dasar pemikiran alur sebuah program.

Inilah yang perlu untuk kamu tulis dan selanjutnya akan kamu tafsir dan rancang ke dalam bahasa scrypt code.

3. Tidak berhenti Belajar

Seorang programmer tak hanya perlu mempelajari tentang dunia teknologi, karena banyak sumber pengetahuan yang tampak tak berkaitan sama sekali tapi dapat memberikan ide cemerlang dalam pembangunan sebuah program.

4. Kembangkan proyek pemrograman

Agar ilmu dan keterampilan yang telah kamu kuasai tidak pudar begitu saja, perlu adanya pengasahan kemampuan.

Dengan terus melakukan pengembangan proyek program yang telah kamu mulai, kamu akan mendapatkan berbagai manfaat selain hanya mengembangkannya saja.

Kesimpulan: 3 Ilmu Dasar Programmer yang Andal serta Profesional

Ilmu Dasar Programmer kesimpulan


Impian untuk menjadi programmer yang andal dan profesional bukan lagi hal yang sukar untuk kamu capai, semua hanya perlu komitmen dan konsisten untuk segera mencapainya.

Bila kamu merasa telah menjadi programmer yang berkualitas, maka inilah saat yang tepat bagimu untuk melamar pekerjaan.

Semoga bermanfaat!


Sumber:

  • https://glints.com/id/lowongan/cara-menjadi-programmer/#.YZ2KR7oxWCg
  • -
  • https://bitlabs.id/blog/belajar-bahasa-pemrograman-dasar/
  • https://www.codepolitan.com/hal-hal-inti-yang-wajib-dikuasai-seorang-programmer-59607dc7a1071

MusaAbid
MusaAbid  Hi, i'm tech enthusiast. Write some code and letter to be your "Oohhaaa" keyword.

Komentar