-->

Sulit Mengatasi Serangan Tikus ? Ini Alasannya

Tikus adalah hewan pengerat yang termasuk dalam famili rodentia. Mencit dan tikus got adalah tikus yang hampir bisa di jumpai di berbagai negara. 

       

Tikus tikus yang berkeliaran di dalam rumah membuat kita tidak nyaman. Tikus yang berkeliaran di dalam rumah dapat menebar berbagai ancaman seperti rusaknya perabotan rumah dan berbagai macam penyakit berbahaya yang di bawanya.

Jumlah tikus seperti tidak ada habisnya. Padahal kita sudah menggunakan berbagai cara seperti memasang perangkap atau menggunakan racun tikus. Kira kira mengapa ? Berikut alasannya

1. Reproduksi Cepat

Masa hidup tikus sebenarnya rata rata kurang dari dua tahun tetapi reproduksi tikus sangat tinggi. Tikus yang biasa berkeliaran di rumah dapat melahirkan 6-7 tikus dalam sekali reproduksi. Masa kehamilan tikus juga terbilang singkat hanya tiga minggu. Setelah itu tikus dapat melakukan kawin kembali setelah 4-5 bulan.

2. Memiliki Daya Ingat Yang Baik

Tikus ternyata memiliki daya ingat yang baik. Di bandingkan hewan pengerat yang lain, tikus dapat di katakan hewan yang cerdas. Oleh karena itu biasanya di dalam rumah kita tikus cenderung lewat dengan rute yang sama karena tikus dapat mengingat jalan dengan baik.

3. Bersembunyi Di Tempat Yang Sulit Di Jangkau Manusia

Tikus seringkali bersembunyi di tempat tempat yang sulit di jangkau manusia seperti di belakang perabotan rumah,di kolong kolong, dan di atap rumah. Hal ini membuat tikus menjadi sulit untuk di basmi atau di usir dari rumah kita.

4. Mudah Curiga

Tikus ternyata adalah hewan yang mudah curiga. Seperti yang sudah di jelaskan pada No 2, tikus memiliki daya ingat yang baik. Apabila tikus menemui hal yang baru, tikus menjadi sangat berhati hati. Jadi jika kita memasang perangkap itu akan memakan waktu hingga satu minggu untuk menunggu tikus terperangkap. Selain itu tikus yang terperangkap meninggalkan urin sebagai alarm bahaya bagi tikus yang lain.

5. Pemakan Segala

Tikus termasuk hewan omnivora atau pemakan segala. Tidak hanya sisa makanan yang di tinggalkan manusia perabotan rumah juga di lahap oleh tikus sehingga mengusir tikus dengan cara membuat tikus kelaparan adalah hal yang mustahil dan jangan pernah di lakukan karena hanya akan membuang waktu dan tenaga kalian.

Komentar