-->

Susah Belajar ? Perhatikan Tips Belajar Efektif Ini

Belajar merupakan kewajiban dari siswa dan mahasiswa. Sebagaimana predikat sebagai pelajar. Pelajar yang baik tentunya harus belajar dengan baik. Belajar dengan baik adalah belajar yang meningkatkan pengetahuan,keterampilan, dan sikap.

   

Namun pernahkah anda merasa bosan belajar ? Atau bahkan tidak suka belajar ? Atau mungkin anda sudah belajar tetapi pengetahuan dan keterampilan anda tidak meningkat ? Tips di bawah ini akan membuat belajar anda lebih efektif dan efisien dan tentunya tidak membuat anda bosan

1. Pilih Suasana Yang Sesuai

Suasana hal yang penting untuk memunculkan mood belajar. Apabila kalian belajar dengan terpaksa atau suasana di sekitar tidak kalian sukai maka materi yang anda pelajari tidak akan masuk ke dalam otak

Kalian bisa memilih suasana yang cocok dengan selera. Ada orang yang belajar sambil mendengarkan lagu,ada yang suka belajar sendiri di tempat yang sepi, atau ada yang suka belajar sambil melihat pemandangan. Buatlah suasana belajar senyaman mungkin agar belajar kalian menjadi efektif.

2. Belajar Bersama

Metode belajar ini bisa di katakan cukup efektif agar belajar kalian menjadi efektif.  Suasana belajar berkelompok cukup santai sehingga membuat otak menjadi rileks. Selain itu dengan belajar bersama apabila ada soal atau materi yang belum di mengerti maka bisa di pecahkan bersama sama.

3. Belajar Sebentar Tetapi Rutin

Berapa lama waktu yang kalian gunakan untuk belajar ? 1 jam ? 2 jam ? 3 jam ? Waktu untuk belajar tidak di sarankan terlalu lama karena akan membuat otak menjadi lelah. Lalu kalian akan bosan belajar dan akhirnya tidak suka belajar.

Oleh karena itu waktu belajar di sarankan sekitar 15 - 30 menit tetapi rutin di lakukan. Contoh belajar p
agi 30 menit, siang 30 menit dan Malam 15 menit. Dengan waktu belajar sebentar tapi rutin maka otak tidak cepat lelah dan belajar menjadi efektif

4. Belajar Dengan Praktik

Belajar dengan praktik adalah salah satu cara belajar dengan menyenangkan. Dengan belajar di sertai praktik maka kalian akan lebih paham mengenai materi yang di pelajari dan tentunya menyenangkan. Contoh belajar sambil praktik adalah ketika kalian belajar IPA tentang tumbuhan dan sambil mengamati tumbuhan.

5. Memahami Bukan Menghafal

Dalam belajar, kalian lebih baik memahami materi dan bukan menghafal. Memang dengan menghafal kalian bisa mengerjakan soal ujian namun materi yang di hafalkan tidak akan bertahan lama. Tetapi dengan memahami kalian akan mengerti tentang materi yang di pelajari dan secara tidak sadar kalian sudah menghafal materi tersebut.

Komentar