-->

Tips Membuat Gorengan Menjadi Renyah

Gorengan adalah salah satu makanan favorit masyarakat indonesia. Ada banyak jenis gorengan seperti pisang goreng,ubi goreng,mendoan dan masih banyak lagi. Gorengan lebih nikmat di makan dalam kondisi panas dan itu ada sensasi kenikmatan tersendiri.

   

Masyarakat indonesia lebih sering membeli gorengan daripada membuatnya sendiri. Sebab sering kali ketika kita membuat gorengan sendiri hasilnya sering tidak sesuai harapan dan tidak renyah. 

Nah ini mungkin karena kalian belum tahu cara membuat gorengan menjadi renyah. Berikut akan di bagikan tips tips agar gorengan menjadi lebih renyah. Walau sedikit memakan waktu dalam prosesnya tetapi hasil yang maksimal tercipta dari proses penuh kesabaran

1. Gunakan Jenis Tepung Yang Tepat

Apa kalian tahu ada banyak jenis tepung ? Tips gorengan renyah yang pertama di mulai dari pemilihan tepung. Umumnya tepung yang di gunakan untuk membuat gorengan adalah tepung terigu.

Akan tetapi ada juga gorengan yang menggunakan tepung panir seperti ebi furai dan katsu. Selain itu anda dapat mencampurkan tepung beras pada tepung terigu untu membuat kerenyahan gorengan bertahan lebih lama.

2. Campurkan Tepung Dengan Baking soda

Tips selanjutnya adalah mencampurkan tepung dengan baking soda. Cukup campurkan baking soda ke dalam tepung kering lalu di beri garam. Perlu di perhatikan ketika akan mencampur adonan dengan air atau air es. Jangan mengaduk adonan terlalu lama karena akan merusak fungsi baking soda

3. Lakukan Dua Kali Penepungan

Kenapa melakukan penepungan dua kali ? Karena untuk mencegah tepung lapisan pertama dan bahan makanan menjadi basah karena terlalu banyak adonan tepung. Maka dari itu lakukan dua kali penepungan agar gorengan menjadi renyah

4. Iris Bahan Dengan Tipis

Tips membuat gorengan renyah kali ini mungkin tidak di sadari banyak orang tetapi mengiris bahan dengan tipis dapat membuat gorengan menjadi lebih renyah. Saat ukuran bahan makanan yang akan di beri adonan tepung terlalu besar maka akan berpengaruh terhadap kerenyahannya. Tips jika kalian ingin menggoreng tahu atau tempe maka iris dengan tipis maka hasil gorengan akan menjadi renyah.

5. Goreng Dengan Metode Deep Frying

Metode deep frying adalah metode menggoren yang menggunakan banyak minyak. Metode ini sering di gunakan untuk membuat kentang goreng di restoran cepat saji. Dengan menggoreng menggunakan meode ini maka gorengan menjadi lebih renyah dan nikmat.

6. Goreng Pada Suhu Ideal

Tips terakhir untuk membuat gorengan menjadi renyah adalah menggoreng pada suhu minyak ideal. Suhu ideal minyak untuk menggoreng adalah 170°C.

Jika minyak terlalu panas maka adonan tepung menjadi cepat gosong padahal bisa saja bahan makanan belum matang. Jika minyak kurang panas maka gorengan bisa saja menjadi tidak renyah karena menyerap terlalu banyak minyak.


Itu dia beberapa tips membuat gorengan menjadi renyah yang bisa kalian coba di rumah. Selamat Mencoba.

Komentar