-->

Waspadai Penyebab Sariawan Berikut ini Agar Kita Tidak Terkena Sariawan

Sariawan adalah peradangan pada lapisan mukosa pada mulut. Sariawan dapat di alami siapa saja. Baik orang tua,dewasa,remaja,maupun anak anak.

Gejala sariawan adalah nyeri pada bagian dalam bibir,pipi,gusi,atau lidah. Luka pada sariawan berwarna putih kekuningan dan ikuti peradangan di area sekitarnya.

Penyebab sariawan ada banyak. Mungkin saja produk perawatan gigi tertentu dapat menyebabkan sariwan. Meski begitu ada beberapa penyebab sariawan lain yang patut anda waspadai berikut ini

1. Mulut Kering

Penyebab sariawan yang perta adalah mulut kering. Mulut kering adalah suatu kondisi di mana kelenjar ludah di mulut tidak memiliki cukup air liur agar mulut tetap basah.

Mulut yang kering bisa menjadi tempat bersarangnya bakteri yang bisa menginfeksi dan menyebabkan sariawan. Sebagai pencegahan di sarankan minum air secara rutin agar mulut tetap basah.

2. Anemia

Anemia atau kekurangan darah adalah penyebab sariawan selanjutnya. Hal ini terjadi karena peredaran darah yang seharusnya menyalurkan oksigen ke seluruh tubuh tidak bekerja dengan baik. Akibatnya dapat memberikan efek buruk pada kulit. Salah satunya adalah sariawan.

3. Menyikat Gigi Terlalu Keras

Membersihkan gigi setiap hari tentu saja penting untuk kesehatan gigi. Namun anda salah bila beranggapan menggosok gigi lebih keras dapat membuat gigi lebih bersih. 

Menggosok gigi terlalu keras dapat menyebabkan luka atau iritasi pada dinding mulut dan gusi sehingga berisiko menyebabkan sariawan. Dalam menyikat gigi sebaiknya anda melakukan dengan perlahan menggunakan pola melingkar atau naik turun.

4. Terlalu Banyak Makan Makanan pedas

     

Makanan pedas dapat menekan jaringan dalam mulut dan dapat mengiritasi sehingga bisa menjadi sariawan. Jika kalian suka atau sering makan makanan pedas maka berhati hatilah. Jangan makan terlalu berlebihan.

5. Kurang Vitamin Dan Nutrisi

     

Vitamin dan nutrisi sangat penting bagi tubuh manusia. Jika kita kekurangan vitamin C,B12,dan zat besi itu dapat menyebabkan sariawan. Oleh karena itu perbanyak konsumsi buah dan sayuran yang mengandung banyak vitamin.

Komentar