-->

Mengapa Adonan Roti Tidak Mengembang ? Berikut Kesalahan Yang Menyebabkannya

Roti adalah makanan yang sudah ada sejak dahulu kala. Makanan yang terbuat dari tepung dan ragi ini banyak di sukai orang. Pada zaman sekarang roti sudah tersedia dalam berbagai bentuk dan rasa sehingga memakan roti menjadi lebih nikmat.


Oleh karena itu banyak orang mencoba untuk membuat roti. Membuat roti sebenarnya tidak terlalu sulit namun karena tidak hati hati terkadang hasil roti yang di buat tidak sesuai harapan. Masalah yang biasa sering muncul adalah roti tidak mengembang. Kira kira apa yang menyebabkannya ? Mari kita simak di bawah ini.

1. Suhu Ruangan Tidak Ideal

Suhu ruangan ternyata menjadi faktor penting apakah roti bisa mengembang atau tidak. Saat kalian membuat roti pastikan suhu ruangan kalian hangat dan tidak terlalu dingin. Karena suhu yang hangat dapat membuat adonan roti mengembang. Bila suhu di ruangan kalian terlalu dingin, kalian bisa menggunakan oven suhu rendah agar adonan roti bisa mengembang.

2. Ragi Tidak Aktif

Ragi adalah faktor terpenting yang menentukan adonan roti dapat mengembang atau tidak. Karena bahan inilah yang membuat adonan roti bisa mengembang.

Jika kalian ingin membuat roti disarankan untuk menggunakan ragi yang masih baru. Jika kalian ingin menggunakan ragi yanh sudah lama maka pastikan ragi masih aktif.

Cara memastikannya adalah campurkan ragi dengan sedikit air hangat lalu aduk. Apabila terdapat buih buih maka ragi tersebut masih bisa di gunakan.

3. Kurang di Uleni

Jika adonan tidak mau mengembang maka bisa coba di uleni kembali. Uleni kembali dan tambahkan sedikit tepung agar tidak lengket. Mungkin cara ini bisa membuat adonan mengembang.

4. Kurang Tepung

Penyebab lain adonan tidak mengembang mungkin adalah kurang tepung. Saat membuat roti kalian harus memperhatikan konsistensi adonan. Saat adonan tidak mengembang cukup tambahkan seperempat cup tepung untuk melihat apakah adonan mau mengembang atau tidak.

Komentar